Mammografi

Mammogram adalah pemeriksaan foto payudara dengan sinar-x dosis rendah. Ditujukan untuk membantu mendeteksi kemungkinan adanya kanker payudara, bahkan pada stadium yang sangat awal, di mana kondisinya masih bisa diobati/diterapi. Kadang perempuan atau dokter mungkin tidak bisa mendeteksi sendiri adanya benjolan yang mengindikasikan kanker, di sinilah fungsinya mammogram sebagai alat bantu pemindaian payudara.

Namun juga sebaliknya, walau hasil mammogram memperlihatkan nilai yang baik, bukan berarti di masa mendatang kanker tidak bisa muncul. Kewaspadaan adalah apa kita perlukan. Silakan segera hubungi dokter jika pada payudara terasa ada benjolan, penebalan, atau keluar cairan yang tidak wajar dari puting susu.

Mammogram Myths
Sejumlah mitos mengenai mammogram, atau pemeriksaan mammografi. Sumber: FDA – Office of Women’s Health.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pemeriksaan mammografi, pastikan persiapan berikut dilakukan:

  • Jangan menggunakan deodoran, parfum, lotion, atau bedak di ketiak dan payudara sebelum pemeriksaan. Kandungan benda asing dapat terlihat pada hasil pemeriksaan sinar-x, dan mengganggu hasil pemeriksaan.
  • Jika Anda menggunakan impan payudara, beritahu petugas, karena mungkin petugas akan perlu mengambil lebih banyak gambar dibandingkan biasanya.
  • Sampaikan pada petugas pemeriksa, jika Anda memiliki kekurangan/disabilitas fisik, seperti kesulitan untuk berdiri, mengangkat tangan, atau menahan napas.

Jika Anda sudah pernah memiliki data mammogram sebelumnya, data tersebut dapat dibawa untuk dijadikan perbandingan.

Hubungi dokter keluarga Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci mengenai kanker payudara, dan penjelasan mengenai pemeriksaan mammografi di sekitar wilayah Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s