Daftar Obat Kewaspadaan Tinggi

Dikenal juga sebagai High Allert Medications, merupakan kelompok obat yang jika keliru digunakan, maka memberikan risiko tinggi mencederai pasien secara bermakna. Oleh karena itu setiap rumah sakit biasanya sudah diwajibkan memiliki daftar obat yang dikategorikan sebagai obat-obat high allert ini.

Saat ini, yang paling sering melakukan pembaruan terhadap daftar obat-obat berkewaspadaan tinggi adalah Institute for Safe Medications Practice (ISMP).

Kita bisa mendapatkan daftar ini dalam dua versi, yaitu: Versi WEB | versi PDF.

Selain itu terdapat juga daftar obat dengan istiralah NORUM (nama obat rupa mirip), atau dikenal juga sebagai LASA (look alike, sound alike). Daftar untuk obat ini dikenal sebagai “confused drug names“. Hanya saja, karena jenis obat yang terdaftar di luar negeri tidak sama dengan merk dagang dan kemasan di dalam negeri, maka daftar ini tidak serta merta dapat digunakan/diaplikasikan di negara kita.

Daftar tersebut dapat digunakan di setiap rumah sakit untuk membantu membuat kebijakan tentang pengelolaan obat-obat high allert, dan tentunya jika terdapat penambahan atau pengurangan dari daftar tersebut biasanya akan lebih baik jika telah ada dasar pertimbangan terlebih dahulu.

Saya juga menyertakan sedikit presentasi ringan mengenai pedoman pengelolaan obat kewaspadaan tinggi di rumah sakit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s