Matriks ICRA untuk Pengendalian Infeksi saat Konstruksi di Rumah Sakit

ICRA atau infection control risk assesment kini mulai populer di banyak rumah sakit di dalam negeri. Konsep ini sebenarnya sudah lama ada, namun belum banyak yang menerapkan. ICRA biasanya menjadi beban kerja komite PPI (Pencegahan & Pengendalian Infeksi) di rumah sakit.

Rumah sakit selain sumber mendapatkan bantuan kesehatan, juga merupakan tempat di mana banyak orang sakit berkumpul, dan juga orang yang berpotensi menjadi bertambah sakit jika lingkungan tidak baik. Saat melakukan konstruksi, biasanya partikel debu dan jamur yang tadinya menempel di dinding, lantai atau langit-langit dapat terlepas. Partikel ini berpotensi menimbulkan infeksi bagi mereka yang rentan.

Di sini ICRA memberikan bantuan sebagai alat untuk menilai seberapa besar potensi infeksi mungkin terjadi dari sebuah tindakan, dari yang sederhana seperti mengganti ubin atau memasang kabel telepon, hingga konstruksi berat seperti merombak ruang rawat inap. Dan dari nilai potensi tersebut, pemangku kebijakan di rumah sakit dapat menilai, tindakan apa saja yang diperlukan dalam melakukan pencegahan dari dampak buruk yang mungkin terjadi, dan seandainya tidak dapat dicegah, bagaimana agar dapat dikurangi.

Aplikasi ICRA
Ilustrasi sebuah lorong rumah sakit yang disekat menuju ke arah bagian yang dilakukan konstruksi sehingga mengurangi dampak polusi debu/jamur ke area pelayanan. Sumber: http://www.thesafetyhouse.com

Rumah sakit biasanya akan mengumpulkan ahli di bidang PPI dan konstruksi bangunan untuk bersama-sama direksi menetapkan ICRA dan melaksanakannya.

Berikut saya sertakan presentasi sederhana tentang pengenalan ICRA di rumah sakit:

Mendapatkan penilaian ICRA bisa dibantu dengan menggunakan Matriks ICRA. Matriks ini tersedia secara luas, namun sering kali kurang dapat diaplikasikan tanpa penyesuaian terlebih dahulu. Berikut adalah contoh matriks yang sudah dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia, Anda bisa mengunduh matriks tersebut melalui Scribd:

Matriks ICRA

https://www.scribd.com/embeds/257779398/content?start_page=1&view_mode=scroll&show_recommendations=true

Memiliki matriks ICRA dan panduan ICRA tidak serta merta membuat kita dapat melaksanakan ICRA. Memerlukan kemampuan manajemen yang tinggi dan kerja sama yang baik sehingga ini dapat tercapai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s