Hari TB Sedunia 2015

Kemarin, tepatnya pada tanggal 24 Maret 2015, diperingati sebagai hari Tuberkulosis sedunia. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, kini memanggil semua negara untuk mendukung strategi 20 tahunan yang baru yang bertujuan untuk mengakhiri epidemi tuberkulosis dunia.

Beberapa tahun belakangan mungkin adalah sebuah perjuangan yang patut diperhitungkan. Lebih dari 37 juta jiwa terselamatkan. Pada tahun 2013, sekitar 9 juta penderita TB baru muncul, dan sekitar setengah juta adalah kasus yang sudah kebal obat dan sulit disembuhkan; diperkirakan lebih dari 1,5 juta jiwa meninggal setiap tahunnya oleh karena tuberkulosis.

Setidaknya WHO akan berusaha berjuang di tiga area kunci:

  • Pelayanan berpusat pada pasien TB terpadu, pencegahan penularan TB, termasuk pada anak-anak.
  • Sistem pendukung dan kebijakan yang kental.
  • Penelitian dan inovasi yang terus dipacu.

The strategy sets ambitious targets of a 95% reduction in TB deaths and a 90% reduction in cases of TB by 2035. An important milestone to be reached within the next five years (2020) is the elimination of catastrophic costs for TB patients and their families. Eliminating catastrophic costs is feasible through making care more accessible and through financial protection schemes to minimize medical and non-medical costs as well as income loss.

Indonesia adalah negara dengan angka tuberkulosis yang tinggi. Baik tenaga kesehatan maupun masyarakat, semuanya memiliki peranan penting dalam memerangi penyakit yang satu ini. Kita bisa meningkatkan kualitas hidup penderita, menyembuhkannya, dan mencegah penularannya, namun kita juga perlu lebih dari sekadar retorika.

End TB Strategy
Infografik: Strategi mengakhiri TB. Sumber: WHO.int.

Mereka yang sudah dewasa dapat menjadi mencari tahu sendiri bagaimana mengobati dan mencegah penularan TB. Sedangkan anak-anak yang menjadi pokok bagi masa depan, kita harus bisa mengatasi TB pada anak-anak.

Kenali gejalanya, periksa sedini mungkin, dan berkomitmen terhadap pengobatan tuberkoulosis jangka panjang. Generasi mendatang yang bebas tuberkolusis bisa dicapai, jika kita semua mau berusaha.

Beberapa sumber informasi yang dapat Anda ikuti untuk mengetahui perkembangan informasi seputar tuberkulosis adalah:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s