Hari Malaria Sedunia 2015

Pada hari Malaria sedunia tahun ini, 25 April 2015, Organisasi Kesehatan Dunia, meminta kembali komitmen global untuk memerangi malaria. Tema yang diambil adalah Invest in the Future: Defeat malaria – Amankan masa depan: Kalahkan malaria. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengurangi kasus dan kematian akibat malaria hingga 90% pada 2030 nanti dari keadaan sekarang. Empat negara sudah mendapatkan sertifikat bebas malaria pada dekade terakhir, dan setelah 2015 ini, diharapkan 35 negara menyusul terbebas dari malaria pada 2030.

Cara-cara efektif untuk mencegah dan mengobati malaria telah tersedia, namun masalah yang sama di setiap negara mungkin identik, yaitu masalah pendanaan.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kasus malaria, walau di sejumlah tempat angka kejadiannya telah menurun dalam dekade terakhir. Tapi negara-negara lain, seperti di Afrika, masih menjadi sorotan terhadap kasus-kasus malaria yang buruk. Di mana kasus malaria masih bisa membunuh sekitar setengah juta balita dalam setahun.

Hari Malaria Sedunia 2015
Infografik untuk Hari Malaria Sedunia 2015. Sumber: businesswire.com.

Di Indonesia misalnya, jika baca di sejumlah media masa, pencegahan dari pihak terkait saat ini banyak dilakukan melalui penyerahan kelambu untuk melindungi dari gigitan nyamuk yang menjadi vektor dari malaria. Tentu saja sejumlah aksi seperti penyuluhan dilakukan di pelbagai area di tanah air kita.

Jika Anda berminat ikut serta dalam pemberantasan malaria, berikut adalah pedoman & sumber yang layak Anda baca:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s