Memilih Metode KB dengan Bantuan Aplikasi Lingkaran Kontrasepsi

Memilih metode kontrasepsi atau keluarga berencana (KB) bagi pasangan baru, atau pasangan suami istri yang belum pernah menggunakan KB bisa menjadi hal yang sulit & rumit. Karena bagi mereka yang tidak begitu memahami pro dan kontra penerapan kontrasepsi atau KB, mungkin tidak bisa menemukan metode yang pas. Hal ini menjadi alasan mengapa sebelum menentukan program KB yang dikehendaki oleh pasangan suami istri, mereka selayaknya melakukan konseling bersama-sama terlebih dahulu dengan pihak penyedia layanan KB.

Untuk mempermudah baik sejawat dokter maupun bidan dalam membantu memberikan konsultasi, dan masyarakat dalam hal memilih program KB yang tepat, sejumlah perangkat bantu praktis bisa digunakan. Di antaranya adalah Medical Eligibility Criteria (MEC) for Contraceptive Use [1] [2]. Hanya saja alat-alat tersebut mungkin sulit diakses di negara kita. WHO misalnya, untuk negara berkembang, cakram kontrasepsi ini dijual seharga US$ 12.00 atau paket dalam 20 cakram seharga US$ 72.00.

Bagi yang menggunakan ponsel cerdas Android, ada aplikasi yang sudah bisa diunduh langsung dari Play Store dengan nama “Lingkaran Kontrasepsi” – didasarkan pada cakram serupa yang dibuat oleh WHO dan CDC. Bagi yang masih menggunakan ponsel model lawas, selama mendukung Java Platform, maka bisa menggunakan MEC Mobile J2ME yang tersedia gratis dari WHO.

Saya menemukan aplikasi ini cukup mudah membantu menentukan kontrasepsi mana yang paling pas untuk pasangan suami istri, terutama kaum ibu yang memiliki lebih banyak pilihan metode kontrasepsi. Untuk panduan menggunakannya, buku “Medical Eliginility Criteria for Contraceptive Use” bisa digunakan (saat ini edisi ke-4, ISBN: 978 92 4 1563888) – bisa dibeli seharga US$ 30.00 atau diunduh secara gratis dalam bentuk digital.

Selamat mencoba menggunakan alat bantu tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s