Menangkal Penyebaran Ebola dengan Cuci Tangan

Kita tahu bahwa mencuci tangan bisa membantu menjaga kesehatan secara umum, tapi bagaimana dengan mencuci tangan bisa menyelamatkan nyawa dari Ebola? Dalam istilah aslinya, hand hygiene bermakna higienitas (kebersihan dari pelbagai kuman dan partikel yang mengganggu kesehatan) tangan menjadi suatu standar yang memberikan gambaran target dari suatu aktivitas menjaga kebersihan tangan. Sedangkan ketika beralih ke dalam bahasa Indonesia, memang terasa mengalami penyempitan makna menjadi sekadar cuci tangan.

Oleh karena mencuci tidak selalu identik dengan higienis, maka yang awalnya bermakna target menjadi teralihkan maknanya sebagai proses. Namun dunia kesehatan saya rasa akan selalu menekannya, bahwa proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik.

Mari kita lihat video berikut…

Video di atas merupakan kegiatan para petugas WHO melihat bagaimana hasil pelatihan yang mereka berikan selama ini.

Hand hygiene action to support containment of the Ebola outbreak has been crucial for all health workers. In Sierra Leone, WHO has supported training on the recommended hand cleansing steps to be performed as well as the products that can be used, monitoring progress with improvement over these months.

Jika kegiatan cuci tangan yang sederhana itu bisa membendung laju penyebaran virus mematikan seperti Ebola, maka tentu saja banyak penyakit yang bisa dicegah penularannya jika kita cermat dan selalu ingat untuk mencuci tangan. Anda dan keluarga mungkin akan lebih jarang direpotkan dengan diare, batuk, cacingan, hingga ke penyakit yang lebih mengkhawatirkan seperti deman tifoid ataupun hepatitis A. Dan biaya untuk berobat sakit-sakit seperti itu bisa ditekan, menghemat biaya kesehatan Anda dan keluarga tentunya.

Ebola adalah salah satu dari banyak penyakit yang penyebarannya dapat dibantu dibendung dengan berkomitmen melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya melalui kegiatan cuci tangan ini.

Cuci Tangan
Anak-anak yang tampak antusias mencuci tangan guna mencegah tertular Ebola. Sumber gambar: oxfamamerica.org.

Anda tidak memerlukan petugas dari badan kesehatan dunia untuk mengingatkan bagaimana melakukan cuci tangan bukan? Mari kita hidup bersih dan sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s