Menilai Kecerdasan Anak sejak Dini

Dalam menilai tumbuh kembang anak, orang tua sering kali melihat apakah anak sudah mulai bisa mengenal warna? Sudah bisa berhitung? Sudah bisa bilang “Mama” atau “Papa”? Ataukah sudah bisa melompat dan mengenal hari? Tentu saja ini tergantung dari usia anak, namun tidak bisa kita pungkiri bahwa, dalam mengamati tumbuh kembang anak, aspek kecerdasan atau intelegensia si buah hati menjadi salah satu perhatian yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua – bahkan mungkin dengan sedikit was-was.

Tapi kapankah orang tua bisa menilai perkembangan kecerdasan anak? Ini adalah pertanyaan yang mendasar bagi semua orang.

Dokter dan praktisi klinis tumbuh kembang anak bisa jadi memiliki lebih dari satu metode untuk menilai tumbuh kembang anak, uji Denver (DDST) II misalnya. Yang walaupun saat ini tidak lagi menjadi favorit, dan membuat perusahaan Denver tidak lagi melayani Denver II dan tes terkait sejak Juni 2015 [1. Denver II – URI: http://denverii.com].

Di rumah sendiri, dalam kehidupan sehari-hari, orang tua bisa mengkaji atau menilai tumbuh kembang kecerdasaan sang anak dengan sejumlah metode sederhana. Misalnya memerhatikan pada anak usia 2 – 6 tahun, bagaimana mereka belajar mengetahui dan berinteraksi dengan lingkungan dan orang di sekitarnya.

Video di atas menunjukkan bagaimana orang tua bisa mengenali bahwa anak mereka tumbuh dengan kecerdasan yang wajar pada anak usia 2 – 6 tahun.

Selain mengawasi dengan seksama tumbuh kembang anak di rumah, orang tua juga disarankan untuk mengunjungi dokter atau dokter anak untuk mendapatkan penapisan awal masalah tumbuh kembang pada anak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s