Ngobrol Antivaks Tidak Ada Habisnya

Berbicara isu-isu penolakan terhadap vaksin tidak akan ada habisnya. Seperti dalam video jenaka “Last Week Tonight with John Oliver” yang menunjukkan meskipun manfaat vaksinasi yang sedemikian besar melampaui risiko yang begitu kecil, banyak orang tua yang masih ragu dan mempertanyakan keamanan vaksin bagi buah hati mereka.

Semua orang tua, penulis kira, berharap yang terbaik bagi putra mereka. Dan meskipun itu ada dalam vaksinasi yang bisa diakses dengan relatif cukup mudah, ada orang tua yang kita temukan menolak vaksinasi yang merupakan hak anak mereka.

Isu-isu yang cukup menggelitik di mata mereka yang cerdas, namun terlihat menakutkan di mata mereka yang kurang tahu, dan tampak sedap di mata mereka yang ingin terlihat pintar walau bukan ahlinya.

Isu lama masih bisa laku jika didaur ulang ke media sosial. Misalnya seperti vaksin yang terbuat dari nanah hewan, vaksin menyebabkan autisme, vaksin mengandung bahaya merkuri, vaksin hanya menjadi alat pendaur uang bagi perusahaan farmasi dan dokter, serta isu-isu lain yang kadang tersangkut dalam keyakinan pribadi seseorang.

Video John Oliver di atas merupakan jawaban cerdas, satir dan jenaka untuk seluruh pertanyaan itu. Walau sebagian besar ditujukan bagi masyarakat Amerika, tentunya juga layak menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s