Hari Nyamuk Sedunia 2017

Setiap tanggal 20 Agustus, kita akan diingatkan dengan Hari Nyamuk Sedunia – tentu saja mungkin tidak semua orang akan ingat. Apalagi di bulan-bulan Agustus sebelum musim penghujan tiba, jumlah kasus demam berdarah dan penyakit lain dengan vektor nyamuk sedang menurun rendah. Namun bukan berarti kita berhenti waspada.

Sejak 112 tahun yang lalu, ketika Ronald Ross dari Inggris pertama kali menemukan bahwa malaria terkait dengan gigitan nyamuk betina, dunia kesehatan menemukan sebuah fakta besar tentang salah satu penyakit yang menyebabkan banyak kematian dan bagaimana membuat pencegahannya.

Dan kemudian, kita mengenal banyak panyakit yang juga ditularkan melalui nyamuk selain malaria, misalnya saja demam dengue, filariasis, chikungunya, dan lain sebagainya, hingga kasus zika yang menjadi fenoma baru-baru ini.

Oleh karena itu, tidak salah masyarakat banyak yang menganggap nyamuk adalah salah satu serangga pembawa penyakit yang paling tidak disukai (selain lalat).

Indonesia memiliki program 3M Plus untuk melakukan pencegahan terhadap penularan penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Jika bisa, besar harapannya, agar masyarakat selalu ingat dalam rangka penerapannya. Tentu saja terobosan lain tetap dilakukan.

Selamat Hari Nyamuk Sedunia Tahun 2017, dan tetap waspada akan gigitan nyamuk pada diri kita dan anggota keluarga kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s