Keluarga Sehat – Sebuah Pendataan Situasi Kesehatan

Salah satu pendekatan program Indonesia Sehat adalah dengan pelaksanaan Pendataan Keluarga Sehat, bahkan pemerintah pun juga telah menyediakan aplikasi berbasis web yang bisa diakses oleh pelaksana. Dalam beberapa bulan ke depan, kita akan melihat petugas / staf kesehatan dari puskesmas lokal akan hilir mudik lebih sering mendatangi masing-masing keluarga untuk melakukan pendataan masalah kesehatan. Jadi masyarakat jangan heran jika ada kegiatan ini nantinya, dan tentunya akan diumumkan terlebih dahulu sebelum suatu desa/dusun didatangi oleh petugas.

Dengan mendapatkan data mengenai kesehatan keluarga, puskesmas diharapkan memiliki gambaran mengenai masalah dan tantangan kesehatan di wilayah kerjanya. Sedemikian hingga puskesmas dapat merumuskan intervensi yang layak dan tepat untuk mengatasi masalah dan tantangan kesehatan tersebut.

Tentunya ada sejumlah poin pokok yang akan menjadi objek pendataan, antara lain misalnya kondisi gizi, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit menular dan tidak menular, hingga perilaku dan kesehatan lingkungan.

Bagi petugas surveyor puskesmas, tentunya juga akan mulai belajar melakukan pendataan menggunakan aplikasi berbasis web dan sistem informasi. Dan petunjuk teknis untuk aplikasi keluarga sehat juga telah disiapkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s